Manfaat Olahraga Untuk Mencegah Virus COVID-19

Aktifitas fisik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus COVID-19 ini. Pasalnya, menurut hasil penelitian, orang yang rutin berolahraga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Hal ini disebabkan karena ketika anda berolahraga, kinerja sel darah putih akan terangsang. Sel darah putih ini yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk kedalam tubuh. Olahraga dipercaya dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena gejala flu dan penyakit lainnya. Ketika olahraga, suhu tubuh juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh, dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, dengan aktif berolahraga juga dapat mengurangi hormon stress di tubuh dan memperbanyak hormone endorfin yang berguna untuk sebagai obat penghilang sakit alami dan penyenang suasana hati (hormon bahagia).

Maraknya penyebaran virus COVID-19 ini berdampak terhadap banyaknya pusat kebugaran yang tidak beroperasi. Banyak sekali yang bertanya, bagaimana tetap berolahraga jika hanya dengan dirumah? Olahraga dapat dilakukan dengan homeworkout. Tidak memerlukan alat-alat yang terlalu berlebihan, dan dapat diakses dengan mudah secara online.

 

Contoh-contoh Olahraga yang Dapat Dilakukan

Beberapa jenis olahraga sederhana yang dapat anda lakukan ketika di rumah adalah:

  • Kardio

Tidak hanya untuk memperkuat jantung anda, kardio seperti bersepeda statis, melakukan jumping-jack, high knees, burpees, switch jumps, senam aerobik di rumah dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas anda.

  • Angkat Beban

Olahraga dengan menggunakan satu set alat resistance band (untuk kekuatan otot), dapat digunakkan untuk otot punggung, bisep, trisep, bahu, maupun kaki. Untuk memperkuat otot glut, dapat digunakan pita melingkat pada paha atau betis.

Selain itu, olahraga dengan menggunakan beban tubuh anda sendiri juga dapat dilakukan seperti sit up, push up, pull up, dan lain sebagainya.

  • Yoga

Olahraga yang tidak terlalu berat seperti yoga dipercaya dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh secara optimal. Keadaan yang penuh tekanan seringkali dapat mempengaruhi imunitas anda secara negatif. Yoga yang dilakukan secara santai dapat menjadi pilihan bagi anda yang kurang menyukai olahraga berat. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas anda.

  • Menari

Menari merupakan kegiatan universal yang dapat dilakukan oleh segala usia. Menari dipercaya dapat melepaskan rasa stress dengan membiarkan tubuh anda aktif bergerak mengikuti irama lagu tertentu. Menari juga dapat menjadi hobi baru yang bisa anda lakukan disela-sela social distancing ini. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menari lebih baik dibandingkan olahraga lari dan membakar kalori yang lebih banyak. Selain itu, menari juga merupakan olahraga yang cenderung mudah dan dapat dilakukan kapan saja.

Olahraga dapat membuat tubuh anda merasa lebih energetik dan sehat. Olahraga juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri. Walaupun manfaatnya sangat baik, namun tidak disarankan untuk melakukan olahraga secara berlebihan.

ditinjau oleh : dr Riyandi Fernandes

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin