Pencegahan Novel Corona Virus (COVID-19)

Novel Corona Virus (COVID-19) atau yang lebih dikenal awam sebegai virus corona merupakan virus yang cukup menggegerkan dunia belakangan ini. Angka kejadian serta mortalitas yang terus meningkat sejak akhir Desember 2019 menyebabkan banyak orang yang takut untuk keluar rumah serta berinteraksi dengan sesama. Di Indonesia sendiri, kasus COVID-19 baru saja diumumkan pertama kalinya pada awal Maret 2020.

Walaupun hanya 2 kasus saja yang baru ditemukan di Indonesia, namun banyak masyarakat Indonesia yang memiliki rasa khawatir dan ketakut an yang tinggi sampai-sampai membeli masker serta hand sanitizer dalam jumlah yang banyak. Penerapan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) merupakan suatu upaya sederhana yang wajib anda ketahui serta wajib diterapkan dalam pencegahan penularan virus corona yang sangat infeksius. Dengan demikian, diharapkan angka penularan dan kejadian COVID-19 di Indonesia dapat ditekan.

Untuk mencegah penularan virus corona anda dapat melakukan beberapa upaya yang tentunya tidak sulit untuk dilakukan:

       Jaga kebersihan

Kebersihan merupakan suatu hal mendasar yang dapat anda lakukan dalam mencegah tertularnya penyakit. Upaya melakukan 5 langkah dasar cuci tangan menggunakan sabun setelah menyentuh atau memegang sesuatu dapat meningkatkan kebersihan sehingga anda tidak tertular oleh penyakit. Jika tangan anda kotor, disarankan agar anda tidak menyentuh daerah wajah (mata, mulut, hidung). Cuci tangan disarankan dilakukan sebelum makan, sesudah buang air, setelah memegang hewan, setelah batuk/bersin dan setelah bekerja di tanah, lumpur atau tempat kotor.

       Etika batuk

Etika batuk yang baik dan benar juga perlu diperhatikan untuk mengurangi penularan virus ini. Virus corona baru dapat menyebar ketika partikel virus dibersinkan atau dibatukkan oleh penderita dalam radius jarak 2 sampai 5 meter. Maka dari itu, jika anda hendak batuk atau bersin dekaplah hidung dan mulut anda menggunakan lipat siku. Jangan mendekap hidung dan mulut menggunakan telapak tangan.

       Penggunaan masker

Penggunaan masker hanya ditujukan bagi tenaga medis dan juga mereka yang sakit. Masker tidak ditujukan bagi mereka yang sehat. Anda lebih baik memberikan masker anda bagi mereka yang lebih membutuhkan. Dengan memberikan masker pada mereka yang sakit maka mereka akan batuk/bersin di dalam masker mereka sehingga orang-orang sehat disekitarnya akan terlindungi.

       Jaga Kesehatan

Makan makanan yang sehat dan bergizi, mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan, makan sayuran dan buah-buahan, berolahraga cukup serta istirahat cukup dapat membantu meningkatkan imunitas anda sehingga anda dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Anda diharapkan tidak perlu terlalu khawatir dan diharapkan menerapkan beberapa upaya diatas agar terhindari dari virus corona. Lebih baik waspada dibandingkan khawatir yang terlalu berlebihan. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin