Pentingnya Catatan Kesehatan Pribadi (Personal Health Record)

Semua orang ingin sehat. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menjaga kesehatannya dengan benar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk tetap hidup sehat adalah dengan memiliki catatan kesehatan pribadi (Personal Health Record). Mengapa catatan ini begitu penting bagi kesehatan Anda? Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Alasan Penting Punya Catatan Kesehatan Pribadi

Catatan kesehatan pribadi merupakan catatan yang berisi tentang riwayat kesehatan Anda. Catatan ini dapat berupa kumpulan riwayat kesehatan dari beberapa dokter atau rumah sakit. Karena bisa jadi, Anda mengunjungi lebih dari satu dokter atau rumah sakit untuk menangani keluhan penyakit yang berbeda.

Catatan ini penting untuk dimiliki. Karena dengan adanya catatan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi medis yang dibutuhkan saat ini juga. Bisa saja Anda mengalami keluhan sakit yang tiba-tiba, maka Anda tahu harus berkonsultasi dengan siapa. Catatan ini juga memudahkan dokter dalam melacak riwayat kesehatan Anda dan memberikan diagnosis penyakit yang tepat.

5 Hal Penting yang Wajib Tercantum dalam Personal Health Record

Hal pertama yang ditanyakan seorang dokter ketika Anda mulai berkonsultasi adalah dokter mana saja yang sudah pernah dikunjungi? Terapi apa saja yang pernah dijalani? Obat apa saja yang pernah dikonsumsi? Bisa Anda bayangkan, bagaimana caranya mengingat semua itu?

Berikut ini daftar informasi yang sebaiknya ada di dalam catatan yang menjelaskan tentang riwayat kesehatan Anda:

1. Identitas Dokter yang Menangani.

Sepanjang hidup, bisa saja Anda berkonsultasi dengan lebih dari satu dokter. Alasannya bermacam-macam. Karena merasa tidak cocok dengan dokter A kemudian pindah ke dokter B, karena ada yang bilang dokter C lebih bagus, atau karena keluhan penyakit yang berbeda sehingga Anda terpaksa berkonsultasi dengan dokter lain.

Terkadang, tidak mungkin bagi Anda untuk mengingat semua nama dokter yang pernah dikunjungi. Sehingga, memiliki catatan kesehatan pribadi adalah cara paling aman untuk mengintip kembali nama-nama dokter tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui perbandingan setiap dokter yang menangani dan terapi dari dokter yang manakah yang cocok untuk Anda.

2. Jenis Penyakit yang Pernah Diderita

Menuliskan setiap keluhan penyakit yang Anda rasakan sepertinya terdengar sepele dan membuang-buang waktu, ya. Namun, ini penting! Dengan melihat catatan ini, dokter jadi tahu jenis penyakit apa saja yang pernah Anda alami dan gejala yang Anda rasakan secara lebih spesifik.

Karena, bisa saja Anda memiliki gejala yang berbeda dengan kebanyakan orang. Catatan kesehatan ini juga dapat membantu dokter dalam memberikan diagnosis yang tepat atas penyakit yang Anda keluhkan saat ini.

3. Jenis Obat yang Pernah Dikonsumsi

Ketika Anda memiliki keluhan penyakit yang tak kunjung sembuh, tidak menutup kemungkinan Anda akan berkonsultasi kembali dengan dokter. Di sini, catatan kesehatan Anda akan membantu dokter dalam mengetahui jenis obat yang pernah diresepkan.

Jika memang obat tersebut tidak manjur untuk Anda, maka dokter dapat menggantinya dengan terapi yang berbeda.

4. Riwayat Alergi Obat

Satu hal yang kadang dilupakan oleh pasien adalah menyampaikan riwayat alergi obat kepada dokter. Ini merupakan kesalahan fatal. Karena obat yang seharusnya menyembuhkan keluhan Anda, justru membuat Anda alergi dan menimbulkan keluhan penyakit yang baru.

Dengan adanya riwayat kesehatan yang tercatat, dokter dapat mengetahui jenis obat yang sebaiknya diberikan dan tidak disertakan dalam terapi Anda.

5. Tindakan Operasi dan Cek Laboratorium yang Pernah Dijalani

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus membawa hasil cek laboratorium kemana pun Anda pergi. Begitu juga ketika Anda harus mengingat semua jadwal operasi yang pernah Anda jalani.

Dengan memiliki catatan tentang semua tindakan tersebut, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk menilik kembali tindakan operasi dan cek laboratorium yang pernah dijalani, berikut hasilnya.

Nah, sudah ada gambaran tentang isi catatan kesehatan pribadi (Personal Health Record) yang akan Anda buat? Jangan lupa mencantumkan poin-poin penting di atas, ya. Karena hidup sehat berawal dari peduli terhadap diri sendiri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin