Hal-hal yang Harus Dilakukan Saat Anak Harus Opname

Saat anak sedang sakit adalah momen yang membuat panik sekaligus merepotkan. Apalagi jika anak diharuskan untuk rawat inap atau opname. Anak-anak saat opname sering merasa tidak nyaman dan rewel jika diminta tinggal di kamar rumah sakit untuk beberapa waktu.

Dalam hal ini, orang tua harus memberi perhatian lebih saat anak opname. Peran orang tua sangat penting demi kesehatan anak agar lekas pulih. Adapun beberapa hal yang harus dilakukan saat anak harus opname di rumah sakit. Berikut ini adalah hal-hal tersebut

Beri penjelasan pada anak

Memberi penjelasan tentang pentingnya anak untuk di rawat inap di rumah sakit terdengar sepele tapi sebenarnya bukan hal yang mudah dilakukan. Anak-anak pastinya tidak ingin keluar dari rumah mereka jika sedang sakit, apalagi jika diharuskan untuk menginap di rumah sakit.

Berikan penjelasan pada anak-anak untuk mengetahui apa pentingnya rawat inap di rumah sakit saat sedang sakit. Sudah pasti anak-anak tidak suka akan ide tersebut dengan beragam alasan, seperti takut akan hantu, takut dokter jahat, hingga takut disuntik. Berikan penjelasan yang sederhana bahwa menginap di rumah sakit tidaklah seseram itu.

Penjelasan yang sederhana tentang betapa pentingnya anak opname di rumah sakit bisa kamu jelaskan dengan memberikan informasi-informasi tentang apa yang akan terjadi di rumah sakit. Jelaskan bahwa anak kamu akan baik-baik saja. Justru, jika rawat inap di rumah sakit akan kembali sembuh dan pulih.

Berikan penjelasan tentang rumah sakit dan kamar inapnya

Kamu juga bisa memberikan penjelasan tentang rumah sakit kepada anak saat opname. Hal ini akan membuat anak kamu mengerti dan tidak kaget akan apa yang terjadi saat mereka dirawat inap di rumah sakit.

Jelaskan juga tentang bagaimana caranya anak yang sakit bisa sembuh saat rawat inap di rumah sakit. Anak kamu akan belajar tentang bagaimana cara agar cepat sembuh dan mau dirawat inap di rumah sakit. Beritahu juga bahwa orang-orang yang ada di rumah sakit orang-orang baik yang ingin membantu anak opname agar cepat sembuh. Bukan sebaliknya, orang-orang rumah sakit tidak akan melakukan hal-hal buruk kepada anak kamu.

Anak-anak juga perlu tahu apa saja yang harus dilakukan saat dalam keadaan opname. Siapa yang harus ia panggil jika tidak ada keluarga, tombol mana yang harus dipencet ketika membutuhkan suatu yang penting, hingga obat mana saja yang harus ia minum.

Perlakukan anak dengan lembut

Kamu juga bisa membuat perasaan anak agar bisa nyaman saat opname di rumah sakit dengan memberikannya perlakuan yang lembut. Kamu bisa membawakannya barang-barang kesukaannya seperti boneka atau mainan. Pastinya, untuk hal ini kamu harus meminta persetujuan dokter terlebih dahulu, apakah diperbolehkan atau tidak.

Selain itu, kamu juga bisa menyuapi anak-anak saat opname. Anak-anak pastinya tidak ingin disuapi oleh orang asing dan ada beberapa kondisi di mana ia juga tidak mungkin makan sendiri. Oleh karena itu, kamu sebagai orang dekatnya bisa menyuapi dia saat makan. Lebih lagi, kamu juga bisa memberikannya hadiah jika sudah sembuh atau menyalakan televisi sebagai hiburan jika di kamar inap ada televisinya.

Berdiskusi dengan dokter

Saat anak tidak dalam kondisi kesehatan yang baik, orang tua harus membawanya berobat ke dokter dan memutuskan harus rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit. Tanyakan berapa lama kiranya anak opname di rumah sakit. Kamu juga bisa menanyakan tindakan apa saja yang seharusnya diberikan kepada anak opname dengan memberikan data rekam medis anak kepada dokter agar bisa memberikan penanganan yang akurat.

Dengan adanya informasi ini, kamu bisa memberitahukannya kepada anak-anak agar mereka tahu bahwa untuk kembali sehat membutuhkan peran dokter. Selain itu, anak akan patuh untuk melakukan saran-saran yang diberikan dokter agar dirinya lekas sembuh.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat anak opname. Perlakuan dan kesadaran orang tua untuk memberikan perhatian lebih pada anak saat opname memainkan peran penting dalam kesembuhan anak. Adanya rekam medis yang jelas dan kredibel bisa memberikan gambaran jelas pada dokter untuk melakukan tindakan penanganan yang tepat agar anak cepat sembuh.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin